Perayaan Mandi Safar "Rebo Bontong"

Mardani S.Pd 17 November 2017 02:37:14 WIB

Teniga - Perayaan mandi Safar "Rebo Bontong", dilakukan oleh sebagian masyarakat Desa Teniga, Kecamtan Tanjung Kabupaten Lombok Utara,Ritual ini dipercaya oleh masyarakat untuk membersihkan diri dari segala macam penyakit selama satu tahun ke depan Rabu (15/11/2017).

Masyarakat diDesa Teniga berduyun-duyun pergi ke kali ( Lokok Beleq ), diDusun Onggong Daya, Desa Teniga, melakukan ritual "Rebo Bontong". Warga baik tua, muda maupun anak-anak, datang ke kali ( Lokok Beleq ) untuk menyeburkan diri, mandi di kali.

Menurut kepala Dusun Onggong Daya, Abdul Azdim, ritual "Rebo Bontong" telah menjadi agenda tahunan warga setempat yang dilaksanakan setiap hari Rabu terakhir di bulan Safar. Ritual ini sekaligus menandai berakhirnya bulan Safar dan menyambut datangnya bulan.

Abdul Adzim , ritual mandi bersama pada perayaan "Rebo Bontong" merupakan tradisi yang dilaksanakan secara turun-temurun dan dilakukan sejak ratusan tahun silam. Ritual ini diniatkan untuk menyucikan badan demi menyambut perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW.

"Hanya mandi saja, tidak ada ritual-ritual khusus kalau di sini," kata Abdul Azim

Masyarakat percaya, barang siapa yang mandi di Rabu terakhir bulan Safar, maka akan menghilangkan sakit selama satu tahun ke depan. Menurut Abdul Azim, dengan mandi di sungai, maka silaturahmi antarwarga semakin terjalin erat.

 

Komentar atas Perayaan Mandi Safar "Rebo Bontong"

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Teniga

tampilkan dalam peta lebih besar