10 Tanaman Berbahay Dapat Membunuh

Mardani S.Pd 21 Oktober 2016 02:39:21 WIB

Tidak semua tanaman dapat menjadi teman baik manusia jika manusia tidak berhati-hati. Kecakapan manusia jaman dahulu untuk waspada akan tanaman pembunuh, melakukan “trial and error” lalu menginformasikannya pada lingkungan sekitar, rupanya tidak berlangsung hingga sekarang. Karena pengetahuan yang terbatas, atau malas mencari info, kadang tanaman yang ditanam menjadi penyebab kematian.

Berikut adalah 10 tanaman yang jika tidak diwaspadai dapat membunuh kita seperti yang dikutip dari beberapa sumber.

 

1. Biji Jarak

Biji jarak atau biji kasturi mengandung super racun bernama risin. Racun risin sangat berbahaya karena lebih mematikan 6.000 kali daripada racun sianida dan lebih berbahaya 12.000 kali dibandingkan racun ular derik. Dikabarkan racun ini belum ada penawarnya.

Satu butir biji jarak yang telah dibakar, dibelah cangkangnya, dan dikonsumsi isinya, dapat membunuh seorang remaja. Racun ini efektif dalam bentuk bubuk yang dihirup atau disuntikan. Satu ujung jarum risin dapat membunuh seorang manusia. Salah satu kasus terbaru mengenai risin adalah tertangkapnya artis televisi “The Walking Dead” karena telah mengirim surat kepada Presiden Barrack Obama dan Walikota New York Michael Bloomberg di tahun 2013.

2. Biji Saga Rambat

Biji Saga Rambat, gambar: kebunpedia.com

Abrus precatorius atau disebut juga biji Rosario, memang sangat cantik. Berwarna merah cerah dan sering dijadikan bahan untuk perhiasan atau tasbih. Tanaman ini ternyata mengandung racun abrin yang hampir sama dengan racun risin pada biji jarak tapi tingkatnya lebih ganas.

Abrin merupakan zat racun yang dapat menyebabkan penggumpalan butir darah merah dan menonaktifkan ribosom yang berfungsi sebagai mikro-mesin penghasil protein dalam tubuh kita. Dikabarkan beberapa pengrajin perhiasan meninggal dunia setelah jarinya tertusuk jarum ketika sedang mengerjakan perhiasan dari biji ini.

3. Gympie-gympie

Gympie-gympie, gambar: www.australiangeographic.com.au

Dendrocnide moroides banyak ditemukan di bagian utara Australia timur dan Maluku, Indonesia. Di Australia tanaman ini termasuk dalam daftar tanaman yang terancam punah. Daun tanaman ini sedikit berbulu dan meskipun sudah kering berate-ratus tahun, masih mengandung racun.

Rasa sakit luar biasa yang timbul bila terkena tanaman ini bisa berlangsung berbulan-bulan bahkan hitungan tahun. Bulu racun tanaman ini mengandung racun moroidin. Racun ini jika bersentuhan dengan dapat menembus kulit kita, menimbulkan rasa tersengat dan terbakar. Bahkan hanya berdekatan saja dapat menyebabkan gatal-gatal, ruam, bersin, dan mimisan yang mengerikan.

4. White Snakeroot

White Snakeroot, gambar: www.ohio-nature.com

Mengandung racun tremetol, yang sangat beracun bila langsung dikonsumsi atau melalui perantara. Ketika tanaman ini dikonsumsi oleh binatang ternak, daging dan susu ternak tersebut menjadi terkontaminasi oleh racun.

Menelan daging dan susu yang terkontaminasi dapat menyebabkan kondisi yang disebut “milk sickness”, merupakan gejala keracunan seperti menggigil, muntah-muntah, dan menderita sakit usus. Ibu dari Abraham Lincoln, Nancy Hanks, diberitakan meninggal dunia setelah menelan susu yang terkontaminasi tanaman ini. Kejadian ini memang sangat jarang terjadi hari ini, tapi tetap harus diwaspadai.

5. Aconitum

Aconitum, gambar: ilovehomoeopathy.com

Memiliki nama lain “monkshood”, “blue rocket”, “aconite”, merupakan tumbuhan menahun yang sering dijumpai di pegunungan di dunia bagian utara. Tumbuhan ini merupakan tanaman mematikan karena mengandung alkaloid pseudaconitine dan dulu sering digunakan oleh pejuang kuno untuk meracuni air dari musuh-musuhnya.

Konon tanaman ini dapat mendeteksi apakah seseorang manusia serigala atau bukan. Bunga aconitum dipegang dekat dagu terduga manusia serigala, jika bayangan biru kekuningan muncul dapat dipastikan bahwa dia adalah manusia serigala.

6. Kecubung Hutan

Kecubung Hutan, gambar: www.flowersofindia.net

Brugmansia suaveolens sering disebut juga “terompet malaikat” karena memiliki bunga berbentuk terompet. Kecubung hutan digolongkan ke dalam jenis semak-semak. Umumnya berwarna putih, tapi ada juga yang berwarna kuning atau merah muda.

Tumbuhan ini mengandung racun yang berbahaya bagi manusia dan binatang, dapat digunakan sebagai obat rekreasi tapi resiko over dosis sangat tinggi hingga dapat menyebabkan kematian.

7. Bunga Jepun

Nerium oleander, gambar: commons.wikimedia.org

Nerium oleander sering juga disebut bunga mentega atau “oleander” merupakan salah tanaman beracun yang sering ditanam di taman-taman. Tanaman ini mengandung racun jenis neriosid, rosagenin, oleandrosid, saponin, dan cardiac glycosides.

Zat-zat tersebut merupakan zat racun yang dapat menyebabkan perlambatan denyut jantung atau gagal jantung. Menurut Toxic Exposure Surveillance System (TESS), ada sekitar 847 orang terpapar racun bunga ini di Amerika Serikat pada tahun 2002.

8. Taxus baccata

Taxus baccata, gambar: www.gymnosperms.org

Disebut juga “european yew” merupakan tanaman yang semua bagiannya beracun kecuali daging aril yang membungkus bijinya. Biasanya aril dimakan oleh burung. Daun tanaman ini lebih beracun daripada bijinya. Karena tanaman ini beracun, beberapa orang memilih bunuh diri dengan menelan daun atau biji dari tanaman ini yang mengandung racun taxan.

9. Baneburry Putih

Actaea pachypoda, gambar: da.wikipedia.org

Actaea pachypoda atau sering disebut juga mata boneka, merupakan salah satu jenis buah berry yang berbahaya jika dimakan manusia. Buah manis ini mengandung racun cardiogenic yang dapat menyebabkan sakit jantung hingga kematian. Racun ini tidak berlaku untuk burung.

10. Dafodil

Dafodil, gambar: 350sav.fotomaps.ru

Narcissus atau narsis merupakan tumbuhan dengan bunga berwarna atraktif yaitu kuning adan ada juga kuning-putih. Bunga ini konon merupakan lambang untuk orang-orang yang dilahirkan di bulan Maret. Semua jenis Bungan daffodil mengandung racun. Dikabarkan sejumlah murid dari Inggris jatuh sakit karena mencampurkan bunga ini ke dalam sup yang dibikin ketika pelajaran memasak. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, bunga ini dapat menyebabkan kematian.

Kita kadang terpukau dengan keindahan bunga dan pohon yang tampak tidak berbahaya. Walau tampak tidak berbahaya, kita harus tetap berhati-hati karena sesuatu yang berbahaya kadang bersembunyi di balik wajah atau penampakan yang indah.

 

 

Sumber:
[1] http://www.mnn.com/your-home/organic-farming-gardening/photos/13-plants-that-could-kill-you/deadly-plants
[2] http://www.tribunnews.com/iptek/2015/01/25/tanaman-beracun-paling-mematikan-ternyata-juga-tumbuh-di-indonesia

Komentar atas 10 Tanaman Berbahay Dapat Membunuh

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Teniga

tampilkan dalam peta lebih besar