Sejarah Desa Teniga

Mardani S.Pd 30 April 2014 18:20:39 WIB

Sejarah Desa

         

Desa Teniga merupakan salah satu desa dari 7 desa yang ada diwilayah kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara, yang merupakan desa pemekaran dari desa sokong pada tahun 2003. Berawal dari keinginan masyarakat yang mengharapkan peningkatan kwalitas pelayanan publik mengingat pusat pemerintahan desa induk (Desa Sokong) jaraknya cukup jauh sekitar 8 km dari Dusun Dasan Tengak dan Batu Lilir maka dari dasar itulah mereka melakukan rembuk merencanakan pemekaran wilayah atau berpisah dari Desa Sokong, bagai gayung bersambut setelah dilakukan musyawarah bersama dengan pemerintah Desa Sokong ketika Kepala Desa dijabat oleh Bpk. Ahmad M.Ali, BSC. Dapat disetujui dan diajukan pemekaran menjadi Desa Teniga kepada pemerintah daerah Kabupaten Lombok Barat.

Dan sebagai tindak lanjut respon dari pemeintah Daerah, Tanggal 21 Oktober 2003 pada masa Alm.Bpk.Drs.H. ISKANDAR sebagai Bupati Lombok Barat, meresmikan pemekaran Desa Persiapan Desa Teniga yang juga diikuti peresmian Desa persiapan Medana. Dan selaku pejabat sementara Kepala Desa Teniga Bpk. Ridwan Hammas, S.pd dengan SK Bupati Tahun 2003. Mengawali berjalannya administrasi pemeritahan desa, mengingat desa Teniga belum memiliki kantor yang tetap, untuk sementara oleh seorang Tokoh masyarakat memberikan izin untuk menempati salah satu rumahnya untuk dipergunakan sebagai Kantor Desa sementara.

Sebagai komitmen dan persyaratan difnitive yang dipesankan Bpk. Bupati ketika itu Alm. Bpk. Drs.H.Iskandar, maka Desa Teniga harus telah emiliki kantor yang tetap/difinitive maksimal 2 tahun sejak dimekarkan.

Dengan tekad dan kerjasama serta keinginan yang kuat dari masyarakat 1 (satu) tahun kemudian telah dapat dibangun sebuah Kantor Desa yang memungkinkan sebagai pusat pelayanan administrasi Desa dengan ukuran luas 9 m x13 m x 3 lantai dirasa cukup. Melihat secara administrative dan telah tersedianya fasilitas penunjang administras pemerintahan Desa Teniga, pada tanggal 6 Agustus 2004 ditetapkan sebagai Desa difinitive dan menjadi salah satu desa dari 7 Desa yang berada diwilayah kecamatan Tanjung.

 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Teniga

tampilkan dalam peta lebih besar